ANALISIS PENGGUNAAN METODE CONSTANT SPEED PADA MOBIL LISTRIK TERHADAP EFISIENSI ENERGI
DOI:
https://doi.org/10.19184/jaei.v11i3.51535Keywords:
Constant Speed, Efisiensi Energi, Motor BLDC, Mobil ListrikAbstract
Seiring dengan majunya teknologi transportasi ramah lingkungan. Kendaraan listrik menjadi fokus utama dalam pengembangan inovasi tranportasi berkelanjutan, karena dampak emisi yang lebih baik terhadap lingkungan. Perkembangan teknologi mobil listrik tidak akan jauh dari motor listrik penggerak seperti motor Brushless Direct Current (BLDC) dan sistem pengendaliannya. Dalam penggunaan mobil listrik, khususnya dalam perlombaan kontes mobil hemat energi akan terdapat profil lintasan berupa tanjakan daPn turunan. Ini akan berkaitan dengan bagaimana pengendalian motor Brushless Direct Current (BLDC) dengan berbagai profil lintasan terhadap konsumsi energi yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode constant speed pada mobil listrik dan pengaruhnya terhadap hasil efisiensi energi berdasarkan variabel sudut tanjakan dan turunan suatu lintasan. Pengujian akan dilakukan dengan membandingkan penggunaan metode contant speed dengan beberapa variasi kecepetan dengan pengendalian mobil listrik tanpa constant speed, pengujian juga dilakukan dengan variasi sudut lintasan tanjakan dan turunan. Dari penelitian ini menunjukkan metode constant speed dapat meningkatkan efisiensi energi sebesar 18.41% pada area pengujian yang tidak memiliki sudut elevasi yang curam dengan variasi kecepatan konstan pada seluruh lintasan. Pada area pengujian yang memiliki sudut elevasi tanjakan dan turunan yang curam dapat meningkatkan efisiensi energi sebesar 8.24% dengan variasi kecepatan konstan rendah saat tanjakan dan kecepatan konstan tinggi saat menurun.
Kata Kunci: Constant Speed, Efisiensi Energi, Motor BLDC, Mobil Listrik
Downloads
References
[1] Astuti, P., & Masdi, H. (2022). Sistem Kendali Kecepatan motor BLDC Menggunakan PWM Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 3(1), 120–135. https://doi.org/10.24036/jtein.v3i1.216
[2] Chapman, S. (2004). Electric Machinery Fundamentals. McGraw-Hill Science/Engineering/Math.
[3] Circuit safety. (2024, June 11). Federation Internationale De L’Automobile. https://www.fia.com/sites/default/files/appendix_o_2024_published_11.06.2024_0.pdf.
[4] Fasalina, Nitya Ayuning. (2018). Pengaturan Kecepatan Motor Brushless DC dengan Menggunakan Metode PID STR. Institut Teknologi Sepuluh November.
[5] Gusti, Hyang Iman Kinasih. 2021. Desain Sistem Pengendali Motor DC berbasis Constant Power dan Constant Speed. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Jember.
[6] Hughes, A. (2006). Electric motors and drives: Fundamentals, Types and Applications. Newnes.
[7] Iswanto, Hendrik. 2020. Sistem Kontrol Kecepatan Dan Monitoring Mobil Listrik Berbasis Logika Fuzzy Dan Internet Of Things. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Jember.
[8] Mulyadi, A., Rois, M. Z., Kaloko, B. S., Lestari, R. F., Gozali, R. B., & Prasetyono, S. (2022). Analisis Efisiensi Kinerja Motor Bldc Menggunakan metode Kontrol Sliding Mode Observer Pi. Jurnal Arus Elektro Indonesia, 8(3), 86. https://doi.org/10.19184/jaei.v8i3.34998
[9] Potnuru, D., K., A. M., & Ch., S. (2018). Design and implementation methodology for Rapid Control Prototyping of closed loop speed control for BLDC Motor. Journal of Electrical Systems and Information Technology, 5(1), 99–111. https://doi.org/10.1016/j.jesit.2016.12.005
[10] Pratomo, Dani Rizky. (2019). Desain dan Simulasi Kontrol Kecepatan Motor DC Brushless Untuk Sepeda Motor Listrik Berbasis ANFIS (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System. Institut Teknologi Sepuluh November.
[11] Rahman, F. R., Rohman, A. S., Munawar, I., & Sereyvatha, S. (2018). Speed control system of BLDC motor using pi anti – windup controller on an Autonomous Vehicle Prototype (AVP). 2018 IEEE 8th International Conference on System Engineering and Technology (ICSET). https://doi.org/10.1109/icsengt.2018.8606398
[12] Ramadhan, Fiki. (2023). Optimasi Electronic Unit Guna Meningkatkan Efisiensi Energi Dengan Menggunakan Deep Learning Pada Mobil Listrik Urban Concept Universitas Jember. Universitas Jember.
[13] Sachruddin, Muhammad Fajri. (2022). Sistem Kendali Motor BLDC Dengan Hall Sensors Berbasis CPLD. Universitas Hasanudin
[14] Walekar, V. R., & Murkute, S. V. (2018). Speed control of BLDC motor using PI & Fuzzy Approach: A comparative study. 2018 International Conference on Information , Communication, Engineering and Technology (ICICET). https://doi.org/10.1109/icicet.2018.8533723
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Arus Elektro Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sebagai penulis yang sesuai naskah dan atau atas nama semua penulis, saya menjamin bahwa :
- Naskah yang diajukan adalah karya asli saya/kami sendiri.
- Naskah belum dipublikasikan dan tidak sedang diajukan atau dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain.
- Teks, ilustrasi, dan bahan lain yang termasuk dalam naskah tidak melanggar hak cipta yang ada atau hak-hak lainnya dari siapa pun.
- Sebagai penulis yang sesuai, saya juga menjamin bahwa "JAEI Editor Journal" tidak akan bertanggung jawab terhadap semua klaim hak cipta dari pihak ketiga atau tuntutan hukum yang dapat diajukan di masa depan, dan bahwa saya akan menjadi satu-satunya orang yang akan bertanggung jawab dalam kasus tersebut.
- Saya juga menjamin bahwa artikel tersebut tidak mengandung pernyataan memfitnah atau melanggar hukum.
- Saya/kami tidak menggunakan metode yang melanggar hukum atau materi selama penelitian.
- Saya/kami memperoleh semua izin hukum yang berkaitan dengan penelitian,
- Saya/kami berpegang pada prinsip-prinsip etika selama penelitian.
- Saya/kami bersedia apabila artikel kami dipublikasikan oleh tim redaksi JAEI